PERISAI (Pelatihan Esai Departemen Edukasi UKM-F RISET 2024)

Bangkalan, 18 Maret 2024 – Unit Kegiatan Mahasiswa FISIB Riset (UKM-F RISET) mengadakapelatihan yang berjudul PERISAI (Pelatihan Esai UKM-F RISET). Pelatihan ini mengangkat tema “Let’s express your ideas and thoughts with effective essay” Yang dilaksanakan pada hari sabtu 16 Maret 2024 di Gedung Rektorat Lantai 10.

Pelatihan esai merupakan salah satu program kerja departemen edukasi yang membantu mahasiswa untuk belajar dan berlatih meningkatkan kemampuan kepenulisan di bidang esai. Pelatihan ini dilaksanakan secara berkala yang tidak hanya satu kali pertemuan dengan implementasi pembuatan esai dan mentoring oleh mentor yang berpengalaman. Walaupun kegiatan dilaksanakan di bulan puasa tidak mengurangi antusias peserta, mahasiswa di berbagai jurusan turut hadir dalam kegiatan ini dengan jumlah kurang lebih 58 peserta. “Tidurnya orang yang berpuasa itu besar pahala, apalagi mengikuti kegiatan pelatihan esai disini” Ucap bapak imam ramadlani selaku perwakilan dekanat FISIB dalam sambutannya.

Pemaparan materi esai oleh siti ikmatul munawaroh yang akrab disapa kak ikma peraih juara 1 lomba esai internasional yang diadakan MES PWK Turkey memberikan insight, pengalaman dan wawasan baru kepada peserta. Pemateri bukan hanya memberikan penjelasan tetapi langsung dengan contoh esai serta tips dan trik menulis esai efektif tembus internasional. Berbagai keluhan mahasiswa dalam kepenulisan, Kesulitan mahasiswa mencari ide dan mengembangkan nya menjadi diskusi hangat dan interaktif.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan peserta dalam kepenulisan esai, menumbuhkan kemampuan berfikir kritis, kreatif, inovatif dan mencetak generasi berprestasi dengan esai yang berkualitas.